Welcome To Blog
Minggu, 09 Agustus 2009

Lubang Resapan - Solusi Lingkungan 3 in 1

Meningkatkan Daya Dukung Tanah dan Air Tanah, Mengurangi Limbah Organik dan Mengurangi Banjir
Depok - Kurangnya kesadaran masyarakat dalam memperhatikan daerah resapan yang penting bagi keseimbangan air tanah terlihat dari berubahnya fungsi daerah resapan menjadi bangunan beton yang kedap air sehingga keseimbangan air terganggu. Salah satu alternatif sederhana yang di temukan oleh Ir. Kamir R Brata. Msc yang merupakan peneliti dari Institut Pertanian Bogor adalah Lubang Resapan Biopori (LRB).
Ir. Kamir R Brata, MSC Penemu Lubang Biopori Resapan
Lubang Resapan Biopori merupakan lubang berbentuk silindris yang dibuat vertikal ketanah dengan diameter 10 cm dan kedalaman 100 cm. Pengertian Biopori itu sendiri merupakan pori-pori berbentuk lubang (terowongan kecil) yang diberdayakan oleh aktivitas fauna tanah atau aktivitas akar tanaman, ketika mencari makanan (kompos) yang telah disediakan dalam lubang.
Tampak samping LBR.
Lubang resapan biopori dapat diterapkan dimana saja dengan kondisi tanah yang berbeda-beda. Karena prinsip dari Lubang Biopori adalah membuat lubang resapan air, dengan demikian kehadiran lubang resapan biopori sangat bermanfaat untuk memasukan air kedalam tanah yang nantinya akan menganti air tanah yang keluar.
Selain bermanfaat sebagai tempat resapan air, lubang biopori juga mempunyai keunggulan antara lain :
  • Mengatasi sempitnya lahan terbuka untuk daerah resapan, Lubang resapan biopori juga dapat dibuat pada permukaan tanah dengan kondisi tanah bersemen. Idealnya suatu bangunan memiliki luas daerah resapan sebanyak 20-40 % namun dikarenakan sempitnya lahan, hal ini tidak memungkinkan. Lubang biopori bisa mengatasi masalah ini, dengan membuat lubang biopori maka permukaan luas daerah resapan yang tadinya hanya sebesar 78 cm² (luas lingkaran dengan diameter 10 cm), bisa menjadi 3218 cm² atau 41 kali luas daerah resapan tanpa dibuat konstruksi lubang biopori.
  • Berkurangnya masalah yang di timbulkan sampah organik, Lubang resapan biopori diaktifkan dengan memasukan sampah organik yang berfungsi sebagai sumber makanan bagi fauna tanah dan akar tanaman. Seperti yang kita ketahui sampah terdiri dari dua jenis yaitu sampah anorganik dan sampah organik, persentase rata-rata sampah organik adalah ± 80%. Dengan demikian keberadaan lubang biopori dapat mengurangi masalah yang diakibatkan oleh sampah organik. Hasil akhir dari sampah organik akan menghasilkan kompos yang dapat diambil pada perioda tertentu.
Hasil akhir sampah organik adalah kompos.
  • Mengurangi banjir, dengan kehadiran lubang biopori secara otomatis sebagian debit air hujan akan masuk ketanah, sehingga akan bisa mengurangi debit air hujan yang turun ke jalan/ selokan. Oleh karena itu penempatan lubang biopori harus dirancang pada posisi aliran air hujan, sehingga sebagian air hujan akan masuk ke dalam tanah.
Peletakan lubang biopori disebar dengan jarak tertentu (50-100 cm) sesuai dengan luas lahan yang akan dicover. Lubang biopori juga dapat diterapkan di selokan yang tertutup semen. Dalam satu buah lubang biopori dibutuhkan dua atau tiga kilogram sampah lapuk (organik).
Variasi penempatan LBR.
Dengan design pembuatan dan peletakan yang baik, keberadaan lubang biopori tidak akan mengurangi estetika / keindahan lingkungan dan tidak berbahaya karena di lengkapi dengan tutup sehingga tidak akan ada orang yang terperosok.
Penempatan LBR yang rapi dan disesuaikan dengan lingkungan.
Penemu lubang biopori Kamir R Brata sendiri belum menemukan kelemahan dari lubang resapan biopori ciptaanya itu. Sampah organik yang diletakan pada lubang tidak menimbulkan bau dan sarang lalat karena proses pelapukan dan dekomposisi terjadi dengan baik.
Berhasil tidak berhasilnya penerapan lubang resapan biopori adalah bergantung dari kita semua sebagai masyarakat yang sadar akan keseimbangan lingkungan. Oleh karena itu mari kita galakkan proses pembuatan lubang biopori, di lingkungan rumah kita, lingkungan kantor, sekolah, tempat-tempat umum, dll

Di Posting Oleh : Prasetyo ~ http://stefpousibelv1.co.cc/

Artikel Lubang Resapan - Solusi Lingkungan 3 in 1 ini diposting oleh Prasetyo pada hari Minggu, 09 Agustus 2009. Terimakasih atas kunjungan anda serta kesediaan anda membaca artikel ini, Kritik dan saran dapat dapat sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Lubang Resapan - Solusi Lingkungan 3 in 1 dapat Bermanfaat .. ^_^

0 Tulis Komentar:

Berlangganan Posting Terbaru Via Email Disini:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to ...Stef Pousibel... by Email

YM Admin

Pengikut

Total Pengunjung Web Counters
Free Web Counter
Informasi IT dan Berita Terkini Tukeran Link